Habiskan Miliaran Rupiah, ‘Badik’ The Movie Bakal Go Internasional

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Proses pembuatan film yang sarat akan budaya kearifan lokal Sulawesi Selatan, ‘Badik’ The Movie yang diproduseri Faisal, putra Sulsel ini siap tayang perdana Agustus 2018 mendatang.

Film yang biaya produksinya menelan dana Rp4,5 Miliar ini pada tahap awal bakal tayang perdana di 45 bioskop di seluruh Indonesia.

” Agustus tayang perdana tahap awal sebelum go internasional,” ujar Faisal disela-sela Konferensi Pers di Myko Hotel, Selasa 13 Maret 2018.

Meski ini menjadi karya perdananya, Faisal mengaku optimis film ini diterima masyarakat.

Pasalnya, originalitas film ini sangat membanggakan, selain mengajak anak muda Makassar mencintai budayanya sendiri, film ini juga mengangkat budaya Indonesia pada umumnnya dan Makassar khususnya akan perlunya membangun dan menjaga budaya masing-masing.

” Kecintaan anak muda terhadap budaya kita mulai menipis, padahal budaya kita sangat perlu dipertahankan, “tambah Faisal.

Dikisahkan, Devris De Brigel Action Director, penggarapan Badik The Movie memakan waktu 1,5 tahun sejak dilakukan riset.

Sejumlah daerah yang dijadikan lokasi syuting diantaranya, di area pasar segar Makassar, jalan Pengayoman, pelataran Kampus UNM, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Pangkep.

Senada Devris juga berharap dengan adanya film ini semua potensi daerah terutama budaya sekaligus bisa sarat makna dan pengingat kalau kita punya budaya yang mulai termarginalkan di masa sekarang.

Sementara, Dicky R Meland Art Director mengaku tertantang dengan film ini. Ia mengaku, film Badik The Movie salah satu film yang ia buat dengan tingkat kesulitan yang cukup rumit pada adegan fighting.

” Sekian banyak film yang pernah saya buat film badik ini salah satu film idealis saya. Film dengan fighting cukup rumit karena menggunakan badik. Ada tata cara pegang dan cara buka badik itu harus dilakukan gak boleh asal-asalan, semoga bisa memberikan tontonan yang menarik dan gak asal-asalan,” ujar aktor yang kerap membintangi FTP ini.

Diketahui, film garapan Manggala Sinema Production House selain melibatkan para pemain lokal, film ini juga turut dibanjir bintang-bintang ternama antara lain, Qausar H Yudana, Gesya Shandy, Prisia Nasution, Donny Alamsyah dan Mike Lucock. (**)